Wireframe Website, Mockup, dan Alur Kerja Desain Web
1. Wireframe
Wireframe adalah kerangka kasar (sketsa) dari tampilan sebuah halaman website atau aplikasi. Tujuan utamanya adalah menunjukkan struktur dan elemen-elemen utama tanpa detail visual.
Ciri-ciri:
Tampilan sederhana (biasanya hitam putih atau abu-abu)
Fokus pada tata letak (layout) dan hierarki informasi
Tidak menampilkan warna, gambar, atau tipografi akhir
Bisa berupa low fidelity (kasar) atau high fidelity (lebih detail)
Contoh Elemen dalam Wireframe:
Header, Footer
Navigasi/menu
Kotak teks, gambar (placeholder)
Tombol dan form input
2. Mockup
Mockup adalah versi visual dari website/app yang sudah lebih mendekati hasil akhir. Mockup menambahkan elemen visual seperti warna, font, gambar, dan branding.
Ciri-ciri:
-
Tampilan statis (tidak bisa di-klik)
-
Menampilkan desain grafis akhir (high fidelity)
-
Digunakan untuk validasi tampilan dengan klien/stakeholde
3. Alur Kerja Desain Web
Berikut adalah alur kerja umum dalam proses desain website:
Riset & Perencanaan
-
Memahami kebutuhan klien
-
Menentukan tujuan website
-
Menganalisis target pengguna (user persona)
-
Melakukan benchmark/analisis kompetitor
Menyusun Struktur Informasi (Information Architecture)
-
Membuat sitemap (peta situs)
-
Menyusun hierarki halaman dan navigasi
Wireframing
-
Membuat wireframe untuk halaman utama (home, about, contact, dll)
-
Menggunakan tools seperti Balsamiq, Figma (low fidelity mode), atau kertas (paper sketch)
Mockup Desain
-
Mendesain tampilan visual berdasarkan wireframe
-
Menggunakan tools seperti Figma, Adobe XD, Sketch
-
Menerapkan elemen brand: warna, tipografi, gambar, ikon
Prototyping (Opsional)
-
Membuat versi klik-able dari mockup
-
Diuji coba untuk memahami pengalaman pengguna
Uji Coba & Revisi
-
Melakukan usability testing
-
Mengumpulkan feedback dari pengguna/klien
-
Melakukan revisi berdasarkan hasil uji
Handoff ke Developer
-
Mengirim file desain ke tim pengembang (developer)
-
Menyediakan aset visual, spesifikasi desain, dan panduan style
Implementasi & Launching
-
Pengkodean oleh developer
-
Uji coba akhir (bug fixing)
-
Website dirilis ke publik
4. Membuat Wireframe di Figma
- Buat frame dengan ukuran desktop (1440px x 1024px)
- Tambahkan sedikit elemen sesuai keinginan anda
.png)
0 Komentar